Jumat, 15 Maret 2013

Macet Oh Macet

Macet nih mungkin bagian kata yg biasa deh bagi masyarakat dan penduduk di ibu kota ini. Mungkin hampir tiap hari ini bisa dilihat pada sekitar jam-jam pergi dan pulang kerja. Kondisinya bisa dibilang selalu saja macet sering parah. Kalau dari yg sering kita baca disebut bahwa banyaknya kendaraan mobil sekarang ini memang sih sudah melebihi daya tampung dari ruas jalan yang ada. Sepertinya tidak juga kendaraan mobil tapi sekarang jumlah sepeda motor yang juga udah sangat banyak banget sih. Ini akhirnya jadinya kacau. Mau apa coba kita sekarang tinggal di Jakarta jadi begini.

Belum lagi musim ujan pas lebat pasti itu hampir semua got dan selokan tersumbat atau sungai-sungai biasanya meluap banjir parah. Perlu disadari ini memang karena masyarakat kota sendiri lah yg buang sampah suka-sukanya. Kebiasan ini sulit banget untuk dirubah lagi deh. Belum lagi pas lagi banjir yang datang dari sekitar Jakarta. Penyebabnya karena tidak tertata serapan air terutama nih pada bagian hulu sungai yg memang berantakan. Juga akibat limbah yg memang menumpuk di kali parah banget.

Andai kita mencoba pikir-pikir lagi mau gimana coba pemecahannya? Bisa dibilang ini cuma sekedar pembahasan saja sih. Kalau menurut saya jalan keluar sih kita sepertinya masih harus sabar menunggu gitu deh. Pernah dulu sih ada gosip untuk pidahkan ibukota tapi kayanya sih ini omong doang. Ya karena tidak bakalan lah segampang itu seperti yg dipikir. Ada juga masih cukup baru ini dgn cara menaikkan DP dari kredit mobil dan motor. Tujuannya ingin coba membeli mobil dan motor. Dahulu kan cuma dengan uang muka sekedarnya lah kita bisa membawa pulang motor baru. Sekarang sih udah tidak bisa alias dipersulit lah. Beberapa tahun lalu Pemerintah DKI sudah melakasanakan solusi seperti contohnya menyediakan untuk busway. Solusi ini udah dilaksanakan dan memang sih manfaat positif oleh bisa dibilang sebagian besar masyarakat Ibukota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar