Sabtu, 01 Februari 2014

Sejarah Permainan Catur

Kali ini artikel tetang sejarah unik permainan catur. Apakah pembaca termasuk salah satu orang yang gemar bermain catur? Selain merupakan jenis permainan catur juga bisa disebut sebagai jenis olahraga. Karena dari cara bermainnya yang mengharuskan setiap pemain memeras otak untuk memenangkannya. Menurut survey yang dilakukan di Inggris, ada sekitar 600 hingga 700 juta orang yang tersebar di seluruh dunia sudah mengetahui bagaimana cara bermain catur.

Sejarah permainan catur memang sangat panjang dan dihormati. Hal ini lantaran dipercaya asal muasal permainan catur berasal dari India, tepatnya pada sekitar jaman kekaisaran Gupta. Permainan catur yang ditemukan pada waktu itu berhasil membuat sebuah jalan menuju ke Barat pada abad ke 9 silam. Sejak awal permainan catur diciptakan cukup banyak perubahan-perubahan terjadi, hingga bisa kita mainkan sekarang ini. Sebagai contoh awal, pion yang memungkinkan untuk maju 2 kotak hanya dari posisi semula baru diperkenalkan sejak tahun 1280 di Spanyol. Sementara itu aturan promosi pion juga sempat dibatasi untuk beberapa waktu, seperti pada abad ke 18 dan 19. Sekarang ini sih, promosi pion lebih bebas dan mungkin dipromosikan menjadi ksatria, kuda, kuda, benteng, atau pun ratu..

Pada permainan catur, memang tidak dapat dipastikan seberapa pendek atau lama jalannya sebuah permainan yang dilakukan oleh kedua orang pemain. Catur juga memungkinkan sang ratu untuk bergerak dinamis. Ya, setidaknya beberapa kali ratu juga mengalami perubahan di sepanjang sejarah permainan catur ini. Perubahan yang dimaksud tersebut di antaranya adalah diawali dari sang ratu yang hanya bisa bergerak satu bidak secara diagonal saja. Setelah itu berlanjut dengan bisa bergerak ke dua arah. Dan berikutnya di sepanjang jalan, lalu dapat bergerak seperti halnya ksatria. Tentu saja yang kita kenal sekarang ini ratu yang sudah bebas bergerak, baik secara diagonal, horizontal, ataupun vertikal dengan ruang lingkup bagian lain. Pada mulanya, ide langkah dari sang ratu ini ialah dari Fers, yang merupakan seorang konselor atau perdana menteri, sekaligus juga penasehat raja. Kemudian, orang-orang Eropa mulai mengikuti aturan ini pada sekitar tahun 1400-an dan menjadi salah satu bagian yang paling kuat dan bertahan hingga sekarang di dalam sejarah dari permainan catur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar